Rabu, Juni 06, 2007

Tindakan INKONSTITUSIONAL

Sangat sedih saya melihat kerorganisasia di Fasilkom saat ini, terutama organisasi yang pernah saya diami beberapa waktu lalu yaitu BEM Fasilkom. Sampai saat ini saudara Franova sebagai Ketua BEM Fasilkom pengganti saya belum sama sekali mendapatkan mandat untuk memimpin BEM Fasilkom dari DPM Fasilkom UI. Karena akibat ini Franova melakukan tindakan pelanggaran Inkonstitusional yaitu sudah menjalankan Program kerjanya Open Recruitment Anggota BEM, Padahal beliau sampai saat ini belum menjadi ketua BEM Fasilkom UI yang resmi dan syah.

Sebuah ironi memang karena saya pikir permasalahan ini bukan di BEM tetapi di DPM Fasilkom. Saat ini pun saya masih bingung DPM siapakah yang masih berkuasa, DPMnya Anjar kah atau DPMnya Arudea ??? Sangat bingung memang. Sudah sering saya bertanya kepada DPM Anjar untuk memutuskan hukum untuk Saya sebagai ketua BEM 2006/07 dan segera lantik DPM yang baru, jangan ditinggalkan saja, ini adalah tanggung jawab anda, namun jawabannya sangat tidak menyenangkan, "nanti saja yach setelah gw selesai laporan dan sidang KP"... Ya 4JJI apa-apain ini, lembaga formal digantung nasibnya hanya karena ketua lembaganya sedang sibuk kuliah, tindakan yang sangat TIDAK ETIS.

Kejadian-kejadian ini kalau terjadi di fakultas lain mungkin akan menjadi pembahasan yang seru dan mereka semua akan di caci maki. Anjar yang meninggalkan lembaganya dan Franova yang belum resmi menjadi ketua BEM malah sudah menjalankan program kerjanya. Untungnya ini terjadi hanya di Fasilkom, sebuah fakultas yang stagnan, fakultas yang adem ayem saja, tidak pernah mempermasalahkan sebuah masalah, ha..ha..ha..LUCU banget saya melihat fakulas ini.

Yang ingin saya lihat adalah BEM Fasilkom dan DPM yang baru, mereka semuanya digantung begitu saja oleh DPM sebelumnya tanap status yang pasti. BEM gak bisa gerak karena belum mengantongi mandat, DPM pun belum tahu sudah resmi atau belum, wong saya aja belum di SPJ-kan.^_^. Yang paling kasihan adalah BEM, karena mereka harus merekrut anggota BEM yang baru sementara itu hanya bisa maksimal dilakukan ketika masa aktif kuliah, padahal sekarang sudah zaman UAS dan sudah tidak ada kuliah, ini akan menjadi sulit sekali bagi Franova untuk merekrut sebanyak-banyaknya anggota.Ditambah lagi program-program kerjanya yang harus di jalankan secepatnya terutama bidang adkesma..


Sebenarnya ini semua bisa diselesaikan dengan beberapa kompromi:
1. Saudara Franova meminta izin kepada DPM (tapi saya tidak tahu DPM Anjar atau Arudea) untuk menjalankan terlebih dahulu Porgram kerjanya yang mendesak yaitu Open Recrutimen.
2. Segera lantik saudara Franova sebagai ketua BEM Fasilkom UI yang syah karena akan sangat banyak program yang harus dia lakukan saat ini.

Ya semoga dengan adanya tulisan ini yang tidak akan pernah dibaca orang, saya bisa bantu dari jauh..he3x...Tetap semangat rekan-rekan di BEM Fasilkom UI 2007/2008

5 komentar:

Hamba Allah mengatakan...

Kejadian hampir serupa juga terjadi di FISIP UI -ketua BPM FISIP UI maju ke DPM UI dan tidak merasa benar-benar bertanggungjawab lagi untuk proses regenerasi kelembagaan di FISIP UI-, tapi Alhamdulillah saya bisa menjalankan tugas sebagai Pjs bpm fisip ui dengan baik -bukannya narsis loh-, sehingga regenerasi kelembagaan mahasiswa bisa berjalan secara seksama.

Anonim mengatakan...

Bahkan di FISIP UI ketua SM FISIP yang lama buru-buru pergi tanpa benar-benar mem-'finishing' lpj lembaganya -kejadian lain di IKM FISIP UI yang menunjukkan belum dewasanya kehidupan di lembaga kemahasiswaan-, ya begitulah kadangkala kepedulian akan aktivitas kemahasiswaan lebih baik dibuktikan dengan tindakan daripada hanya sekedar kata.

::deni:: mengatakan...

mungkin ada baiknya kalo pergantian bukan disaat-saat uas, laporan kp, TA, dll..jadi gak ada yang dirugikan :) dan gak akan ada yang lepas tanggung jawab begitu aja. btw thx for being a good leader :)

pemikir_ulung mengatakan...

heh? baru tau keadaannya begini setelah liat blog ini, padahal selama ini sering banget chatting, sms atw email-an sama smile, tapi ngga pernah bahas ini..
pusing juga ya..apalagi anggota DPM fasilkom yg sekarang cuma 2 orang..lebih parah dari FIK tahun kemarin yg cuma 4 orang
bantu doa aja deh..

Dewi mengatakan...

Eh eh.. postingan lama sih.. tp pengen ngomen loh... dahulu kala, ada masanya DPM (dulu BPM) juga cuma 2 orang :D (sampe pengen open rekrutmen segala lagi). Tetep semangat donk..